Cara Pilih Tepung Terigu yang Bagus, Bekal Bikin Kue dan Jajanan

Harga tepung beras ketan bola deli – Tepung terigu dapat digunakan untuk membuat aneka kue, jajan tradisional, maupun gorengan. Dalam penggunaannya, biasanya dibutuhkan tepung terigu yang berkualitas agar kue tidak gagal. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui cara memilih tepung terigu yang baik. Dalam buku “Resep Favorit untuk Usaha – Martabak Mini Manis & Gurih” oleh Ide Masak terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, dibagikan cara memilih tepung terigu berkualitas. Berikut uraiannya. 1. Kenali jenis tepung terigu yang digunakan Ada tiga jenis tepung terigu yang umum ditemukan di pasaran. Ketiga jenis tepung ini memiliki kandungan protein yang berbeda, sehingga penggunaannya pun tidak sama. Tepung terigu protein tinggi memiliki kandungan protein sekitar 11-13 persen. Tepung ini mudah dicampur, digiling, difermentasikan, serta memiliki daya serap yang tinggi. Oleh sebab itu, tepung terigu protein tinggi cocok diginakan untuk bahan baku roti, mi, ataupun pasta.

Sementara, tepung terigu protein sedang memiliki kandungan protein sebanyak 10-12 persen. Tepung ini dapat digunakan untuk membuat adonan fermentasi dengan tingkat pengembangan sedang. Beberapa hidangan yang dapat dibuat dari tepung ini ialah bakpau, panada, muffin, atau aneka cake. Selain itu, dapat pula dipakai untuk membuat aneka gorengan. Ada pula tepung terigu protein rendah yang memiliki kandungan protein sekitar delapan persen. Tepung ini biasanya digunakan untuk membuat kue kering saat Lebaran.

2. Hindari yang bau apek Ada satu cara memilih tepung terigu yang bagus, yakni dengan mencium aromanya. Sebaiknya, hindari memilih tepung terigu yang bau apek karena bisa jadi tepung tersebut sudah disimpan terlalu lama. Atau, jika tidak, tepung tersebut mungkin tak disimpan dengan benar.

Penggunaan tepung terigu yang bau apek dapat membuat kue gagal dan baunya tidak sedap. 3. Tepung terigu berkutu

Tepung terigu yang disimpan lama biasanya akan berkutu. Walau demikian, tepung ini masih bisa digunakan meski harus diayak terlebih dulu.

Namun pastikan tepung terigu tersebut tidak bau apek. Jika sudah berbau maka kamu tak boleh memakainya. 4. Cermati warna dan teksturnya Ambil segenggam tepung terigu lalu rasakan teksturnya. Umumnya, tepung terigu yang bagus memiliki tekstur yang halus dan lembut. Warnanya tepungnya putih dan sedikit kecoklatan, mirip putih tulang atau broken white.