Apa itu Generator AC dan DC?

Sewa Genset dan Rental Genset Terbaik di Jakarta

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang jenis generator serta pemakaiannya, termasuk juga dengan generator inverter. Seperti yang kita ketahui kalau generator inverter generator berhubungan erat dengan daya AC dan DC, tapi apa sih generator AC dan DC itu?. Yup, generator ini pastinya berbeda, meskipun namanya tampak sama. Tetapi jenis generator ini memberikan hasil yang sangat berbeda. Walaupun keduanya menyediakan arus, tapi di arus akhir cara mereka bekerja juga cukup berbeda. Tidak hanya disitu, mekanisme, desain, dan penggunaannya juga berbeda. Oleh karena itulah kami disini, ingin berbagi pengetahuan tentang apa sih generator AC dan DC?. Jadi ayo kita perkenalkan generator AC dan generator DC secara singkat.

Sewa Genset dan Rental Genset Terbaik di Jakarta
Sewa Genset dan Rental Genset Terbaik di Jakarta

Perlu diketahui bersama bahwa generator AC dianggap sebagai generator listrik untuk mengubah suatu energi mekanik menjadi energi listrik. Energi ini membentuk arus bolak-balik atau EMF alternatif. Mereka bekerja sesuai dengan prinsip induksi elektromagnetik, yang menyatakan bahwa gaya gerak listrik (EMF) dihasilkan dalam konduktor pembawa arus yang memotong medan magnet secara seragam. Dan hal ini dapat dicapai dengan memutar kumparan konduktor dalam medan magnet statis, atau dengan memutar medan magnet yang berisi konduktor stasioner. Nah, susunan generator yang baik adalah menjaga agar kumparan tetap diam, kenapa? karena akan lebih mudah untuk menarik arus bolak-balik yang diinduksi dari kumparan jangkar stasioner, daripada kumparan yang berputar lho.

Kemampuan Arthur Teknik sebagai Jasa Rental Genset Jakarta

Tetapi, generator arus searah (DC) merupakan mesin generator yang berputar, untuk menyuplai keluaran listrik dengan tegangan dan arus yang searah. Prinsip dasar operasi ini sama dengan prinsip generator sinkron. Yaitu, tegangan akan di induksi dalam kumparan, dengan laju perubahan medan magnet saat mesin berputar. Tegangan yang diinduksi ini nantinya akan berganti bentuk karena fluks koil meningkat dan kemudian menurun, dengan nilai rata-rata nol. Jadi, generator DC akan mengubah energi mekanik menjadi listrik DC yang merupakan kependekan dari Arus Searah. Generator DC bekerja sesuai dengan prinsip gaya gerak listrik yang diinduksi secara energetik. Jadi lebih baik menggunakan generator AC atau DC ya?

Sewa Genset dan Rental Genset Terbaik di Jakarta
Sewa Genset dan Rental Genset Terbaik di Jakarta

Nah, generator AC cenderung lebih efisien karena memiliki potensi kehilangan energi lebih sedikit. Sedangkan generator DC kurang efisien karena percikan dan kerugian lainnya seperti kerugian tembaga, arus eddy, mekanis, dan histeresis. Dan digunakan untuk memberi daya pada motor dan peralatan listrik yang lebih kecil di rumah (mixer, penyedot debu, dll). Jadi, kalian pilih mana nih generator AC atau generator DC? Jangan sungkan untuk menghubungi kami, Arthur Teknik sebagai Jasa Rental Genset Terbaik di Jakarta, kami akan membantu menyelesaikan kebutuhan Anda.