Baca Komik One Piece: Apakah Luffy Akhirnya Level Yonko?

Monkey D. Luffy adalah protagonis dari One Piece karya Eiichiro Oda , dan dia berangkat ke laut dengan tujuan menjadi Raja Bajak Laut. Sementara Luffy terlahir jenius dalam bertarung, dia, diharapkan, tidak berada di dekat level karakter terkuat dalam cerita. Pertarungan Luffy melawan orang-orang seperti Aokiji membuatnya menyadari betapa besar kesenjangan antara dia dan para elit dunia One Piece . Tak lama setelah itu, kru dihancurkan di Kepulauan Sabaody dengan Luffy tidak dapat menghentikannya dan semua yang diikuti oleh kematian saudaranya, Portgas D. Ace, yang gagal diselamatkan Luffy.

Kematian Ace menjadi pintu gerbang bagi Luffy untuk tumbuh lebih kuat di bawah asuhan Silvers Rayleigh, mantan tangan kanan Raja Bajak Laut. Sama seperti krunya yang lain, Luffy menghabiskan dua tahun melatih kemampuannya secara maksimal. Setelah timeskip, Luffy terus tumbuh lebih kuat di Dunia Baru dengan bertarung melawan musuh kuat seperti Katakuri, dan bahkan Yonko Kaido. Di Wano, Luffy telah berkembang sebagai petarung dengan pesat dan akhirnya memantapkan dirinya sebagai salah satu bajak laut terkuat di seluruh dunia, yang berarti dia berpotensi mendekati level Yonko.

Apa itu Yonko ?

Yonko adalah empat bajak laut terkuat di dunia One Piece yang menguasai paruh kedua Grand Line, yang disebut Dunia Baru, seperti raja. Sampai saat ini, bahkan Angkatan Laut tidak berani terlalu banyak ikut campur dalam perbuatan mereka di Dunia Baru, namun, di bawah kepemimpinan Sakazuki, mereka secara terbuka menantang Yonko di laut. Sebelum timeskip, barisan mereka terdiri dari Shirohige, Big Mom, Shanks, dan Kaido. Kematian Shirohige selama Perang Paramount menyebabkan dia akhirnya digantikan oleh Blackbeard, orang yang bertanggung jawab atas kematiannya.

Setiap Yonko dalam cerita, dalam beberapa cara atau bentuk, dikuasai. Dalam kasus Shirohige, dia diketahui menggunakan Buah Iblis dengan kekuatan untuk menghancurkan dunia, yang disebut Gura Gura no Mi. Big Mom adalah bencana alamyang lahir dengan potensi luar biasa yang dia penuhi saat tumbuh dewasa. Kaido adalah bajak laut yang dikenal sebagai makhluk terkuat yang masih hidup sementara Blackbeard menggunakan dua Buah Iblis terkuat di seluruh cerita. Shanks, sementara itu, tidak memiliki sesuatu yang istimewa seperti Yonko lainnya yang diketahui para penggemar, namun, dia tetap kuat. Menjadi Kaisar, setiap Yonko memiliki ambisi besar dan ingin mendapatkan harta karun tertinggi, One Piece. Big Mom dan Kaido masing-masing memiliki satu Road Poneglyph, Shanks tahu di mana sebagian besar Poneglyph berada, sementara Blackbeard pasti merencanakan sesuatu dari balik layar.

Pada saat yang sama, Yonko juga memimpin kekuatan besar yang menandakan kekuatan militer mereka. Selama Perang Paramount, Shirohige muncul dengan 1500 anggota krunya sendiri, bersama dengan 43 kapal sekutu, yang menunjukkan bahwa ia memiliki cukup banyak dukungan untuk dirinya sendiri. Pasukan Big Mom berjumlah lebih dari 10.000 dan Kaido memiliki total 20.000 anggota di krunya. Sedikit yang diketahui tentang Shanks, tetapi kemungkinan besar dia juga memiliki banyak sekutu. Terbukti, Yonko lebih dari sekedar orang kuat dan untuk Luffy mencapai level mereka, dia harus memenuhi semua syarat ini.

Apakah Level Luffy Yonko?

Kenaikan Luffy ke level Yonko dimulai setelah timeskip saat ia secara bertahap tumbuh dalam hal kekuatan. Selama arc Dressrosa, Luffy menunjukkan kepada para penggemar semua yang dia miliki di lokernya setelah timeskip. Pulau Kue Utuh melihatnya mendorong dirinya melampaui semua batasnya untuk melampaui Katakuri dan, dengan melakukan itu, mempelajari Haki Observasi Penglihatan Masa Depan. Di Negara Wano, Luffy kalah dari Kaido dengan cara yang memalukan tetapi berhasil menggunakan ini untuk meningkatkan aspek lain dari Haki-nya, seperti Ryuo, dan memajukannya ke tingkat berikutnya. Di Onigashima, Luffy akhirnya berhasil memanfaatkan kekuatan Haki Penakluk dan menandingi Kaido dalam pertempuran, dan dia terus berevolusi saat keduanya bertarung.

Dari segi kekuatan, Luffy sudah berada di level Yonko. Meskipun dia mungkin belum membangunkan Buah Iblisnya, dia telah membawa Haki-nya ke level Yonko, mampu menggunakan bentuk lanjutan dari ketiga tipe Haki, yang merupakan sesuatu yang tidak dapat dilakukan Yonko lain saat ini. Indikasi terbesar bahwa Luffy sama kuatnya dengan Yonko datang ketika dia memulai pertarungan satu lawan satu terakhirnya dengan Kaido dan berhasil menandingi pukulan demi pukulan. Keduanya juga bentrok dengan Haki Penakluk mereka dan berhasil membelah surga – suatu prestasi yang secara eksklusif dicapai oleh Yonko dalam cerita sejauh ini.

Meskipun Luffy mungkin tidak memiliki Buah Iblis yang terlalu kuat atau terlahir sebagai monster, ambisinya lebih besar daripada Yonko mana pun, dan dia terus mengembangkan Haki-nya seiring waktu. Ketika mendekati One Piece, Luffy memiliki lebih banyak Road Poneglyph daripada Yonko mana pun, yang berarti dia sudah selangkah lebih maju dari mereka. Selanjutnya, Luffy memiliki Armada Besar Topi Jerami dan armadanya lebih dari 5.000 kuat, menjadikannya salah satu bajak laut paling berpengaruh di lautan. Dikombinasikan dengan banyak sekutu yang dia miliki, seperti Suku Kuja dan bahkan Samurai Wano, jumlah Luffy sebanding dengan Yonko.

Luffy juga akan memiliki wilayah di bawah perlindungannya, seperti Yonko. Sejauh ini, Pulau Manusia Ikan sudah dideklarasikan untuk Luffy. Tak perlu dikatakan bahwa Tanah Wano akan berada di bawah perlindungan Luffy begitu Kaido jatuh dan mungkin orang-orang seperti Amazon Lily mungkin mengambil benderanya juga. Dalam setiap aspek pembajakan, Luffy sama hebatnya dengan Yonko dunia. Krunya telah membuktikan diri mereka mampu melawan Yonko lainnya, dengan Zoro dan Sanji mengalahkan dua dari tiga tangan kanan Kaido di Wano dan kru lainnya mengalahkan Tobiroppo.

Meskipun mungkin sulit bagi beberapa penggemar untuk percaya bahwa Luffy berada pada level yang sama dengan bajak laut terkuat dalam cerita, narasi membuktikan bahwa dia cukup jelas pada level ini dan pada akhirnya akan melampaui mereka semua. Begitu Luffy mengalahkan Kaido, dia akan memantapkan dirinya sebagai bajak laut legendaris di dunia One Piece dan dia mungkin mendapatkan hadiah terbesar setelah orang seperti Roger dan Shirohige juga.

Sumber: bacakomikid