Merekam Zoom Meetings Tanpa Izin Host

Pernah ikuti aktivitas daring yang dijalankan lewat aplikasi Zoom? Tapi sebab satu dan lain hal tidak mampu semuanya ikuti (terlebih ulang kecuali dari rumah)? Jika pernah, maka tentu solusi yang paling ringan adalah bersama dengan merekamnya, agar lantas mampu disaksikan ulang.

Zoom sedia kan layanan untuk laksanakan perekaman, tapi tidak senantiasa mampu dilakukan. Karena butuh izin host. Sementara si Host tidak mungkin mengetahui semua latar belakang peristiwa kenapa kita mesti untuk merekamnya. Maka kemudian, mesti termasuk untuk merekam zoom sama sekali tanpa izin host dengan cara Daftar harga paket peralatan zoom meeting.

Cara merekam Zoom Meetings sama sekali tanpa adanya izin host yang akan disampaikan pada catatan ini adalah bersama dengan memanfaatkan dukungan aplikasi pihak ketiga, yakni memanfaatkan OBS Studio, sebuah perangkat lunak sumber terbuka (open source) dan gratis untuk perekaman video dan siaran langsung.

Mengapa OBS Studio? Tidak ada alasan khusus, cuma ada alasan personal. Karena miliki kebiasaan menggunakannya. Namun demikian, komitmen kerja yang sama mungkin mampu diterapkan bersama dengan mempergunakan aplikasi pihak ketiga lainnya. Untuk itu, silakan coba sendiri bersama dengan aplikasi sejenis, atau setidaknya aplikasi lain yang fitur bersama dengan cara kerja yang sama.

 

Keperluan Perekaman

Aplikasi Zoom dan OBS Studio, yang sudah terpasang/terinstal pada komputer yang akan digunakan. Instal pernah kecuali belum. Tidak mesti menginstal di banyak perangkat, cukup yang digunakan saja.
Seperangkat komputer (PC, laptop, dan lain sejenis), yang mampu diperoleh bersama dengan cara dibayar tunai maupun kredit. Itu tidak ada hubungannya, yang perlu mampu berfungsi bersama dengan baik.
Koneksi internet. (Masa iya sih ini mesti dijelaskan ulang sebabnya kenapa?)
Doa.

Cara Merekam Zoom Meetings

Sebelumnya, terlampau disarakan -bagi yang belum tahu- untuk mengenali dua anggota utama dalam aplikasi OBS Studio untuk keperluan perekaman Zoom Meetings memanfaatkan OBS Studio ini. Kedua anggota utama tersebut adalah Sumber dan Kontrol. Sebagaimana diperlihatkan dalam gambar berikut:

Berikut adalah cara merekam Zoom Meetings memanfaatkan aplikasi OBS Studio berdasarkan pengalaman pribadi:

Pastikan Anda sudah masuk pada pertemuan Zoom dan menggerakkan aplikasi OBS Studio.
Pada anggota Sumber, tambahkan Tangkapan Jendela; Pastikan itu adalah [Zoom.exe]: Zoom Meeting, untuk opsi lainnya (Metode Tangkapan dan Prioritas Kecocokan Jendela) pada sementara beri tambahan Tangkapan Jendela sebagai sumber, silakan atur sesuai selera. Asal mampu berfungsi. Untuk beri tambahan sumber, klik tanda + (tambah), untuk mengaturnya, klik ikon gear.

Jika sumber sudah diatur bersama dengan baik, dan jendela Zoom Meeting (berikut audionya) terlihat bersama dengan baik pada OBS Studio, maka klik tab Mulai Merekam pada anggota Kontrol untuk mengawali perekaman.
Ketika perekaman sudah berjalan, dipersilakan bagi yang mengidamkan laksanakan aktivitas lain. Misalnya mesti mencuci, mengepel lantai, memperbaiki atap yang bocor, dll. Jangan lupa klik tab Berhenti Merekam pada anggota Kontrol kecuali dirasa sudah cukup atau selesai.

Tentu saja pada antaranya semua sistem tersebut terlampau direkomendasikan untuk berdoa. Misalnya berdoa agar koneksi internet senantiasa lancar, atau jaringan listrik tidak padam, atau peserta tidak ditanyai satu per satu sementara Anda sedang tidak di tempat.

Ketika Anda sudah mengklik tab Berhenti Merekam, maka rekaman Zoom Meetings akan disimpan secara otomatis dalam format video. Untuk mengetahui wilayah di mana berkas tersebut berada, silakan membuka lewat anggota Kontrol:

Pengaturan » Output » Rekaman » Jalur Rekaman

Selamat mencoba, dan gudlak.

Demikian lebih kurangnya cara merekam Zoom Meetings sama sekali tanpa izin Host. Sekali lagi, catatan ini dibuat berdasarkan pengalaman dan normalitas pribadi, agar ini bukanlah cuma satu cara yang mampu dipergunakan. Silakan bandingkan tiap tiap cara yang mampu diketahui, dan putuskan memanfaatkan cara yang paling sesuai bersama dengan keinginan/kebutuhan.

Sebagai catatan khusus, kecuali ternyata lantas ada yang laksanakan aktivitas perekaman bersama dengan berbekal informasi yang diperoleh dari catatan ini, maka mesti ditegaskan bersama dengan hormat, bahwa silakan pergunakan cara ini untuk hal-hal atau keperluan yang sah dan baik, yang tidak melanggar hukum, etika, dan/atau moral.

Karena mampu jadi, Host tidak mengizinkan sebab kasus tehnis semata. Sementara pada sisi lain tidak ada kasus untuk merekam Zoom Meetings berkenaan. Misalnya untuk merekam materi pelajaran, materi sosialisasi, dan lain-lain yang pada dasarnya tidak dilarang untuk direkam.