9+ Review Terbaru Gitar Akustik Terbaik dengan Suara Berkualitas

Cowboy GWC235NS

Gitar adalah sebuah alat instrumen musik yang bisa digunakan untuk bermain musik. Ngomongin soal gitar akustik, pastinya sudah tidak asing lagi. Gitar akustik merupakan sebuah gitar sederhana yang biasa dipakai oleh para pemula di waktu santai, saat bercengkrama bersama sahabat / pada acara pentas musik.

Beberapa musisi handal tentunya memakai gitar akustik saat berlatih membuat sebuah lagu / ketika merangkai nada. Ketika memilih gitar akustik, kebanyakan orang tentunya sudah mempunyai produk andalanya masing – masing. Banyak sekali gitar yang beredar dipasaran, Brand nya pun berbeda – beda. Mulai dari : Yamaha, Ibanez, Cort, Fender, dan lain – lain.

Semua produk tersebut tentu memiliki spesifikasi dan keunggulan tersendiri pada setiap produknya. Namun tahukah kalian, produk gitar akustik apa saja yang memiliki kualitas terbaik ?. Berikut, akan memberikan 9+ Review Terbaru Gitar Akustik Terbaik dengan Suara Berkualitas yang direkomendasikan untuk pemula.

Sebelum ke daftar produk, ada beberapa cara ketika memilih gitar akustik terbaik, dan tips bermain gitar akustik yang baik untuk pemula. Simak penjelasanya dibawah ini :

 

Cara Memilih Guitar Akustik Terbaik :

  • Kenali Jenis Gitar Akustik

Gitar akustik, secara umum terbagi ke dalam 2 jenis :

  • Gitar Akustik Biasa

Gitar akustik biasa adalah gitar akuatik secara umum yang digunakan secara turun – temurun oleh semua kalangan. Gitar akustik biasa juga menjadi cikal bakal terciptanya guitar. Setiap batangnya memiliki 6 buah senar.

  • Kelebihan Gitar Akustik Biasa :

Bobotnya ringan, praktis, harganya tidak terlalu mahal.

  • Kekurangan Gitar Akustik Biasa :

Tidak dapat dioperasikan dengan pengeras suara, hanya beberapa lagu saja yang bisa dimainkan, nada yang ditimbulkan terlihat monoton.

  • Gitar Akustik Elektrik

Gitar akustik elektrik merupakan hasil kemajuan dari gitar akustik type biasa, gitar ini memiliki sebuah komponen yang berfungsi sebagai penghubung antara gitar dengan perangkat pengeras suara / dipasudukan dengan efek suara.

  • Kelebihan Gitar Akustik Elektrik :

Produk multifungsi, menimbulkan berbagai jenis efek suara, bisa dihubungkan pada perangkat pengeras suara / amplier. 

  • Kekurangan Gitar Akustik Elektrik :

Bobotnya lebih berat, tidak bisa menimbulkan suara yang nyaring apabila tidak dipadukan dengan perangkat pengeras suara, harganya relatif mahal.

  • Kenali Karakteristik Setiap Brand Gitar

Seperti yang telah dijelaskan di atas, beberapa Brand seperti  : Yamaha, Ibanez, Cort, dan Fender. Kita harus mengenal terlebih dahulu Brand mana yang memiliki karakteristik gitar akustik terbaik. Hal ini dilakukan agar produk tidak mengecewakan dan sesuai ekspektasi.

  • Perhatikan Type Senar Yang Dipakai Pada Gitar Akustik

Ini merupakan hak mutlak pada gitar akustik. Pemakaian senar akan sangat berpengaruh sekali pada nada yang akan ditimbulkan. Pilihlah senar gitar yang memakai senar bermutu terbaik seperti : senar Martin, Elixir, Erni Ball, dan lain – lain.

 

Tips Bermain Gitar Yang Baik Untuk Pemula :

  • Ketahui Semua Bagian Pada Gitar Akustik

Gitar akustik dalam garis besar terbagi kedalam 3 bagian, dan pada ketiga bagian itu tentu dilengkapi oleh beberapa komponen penunjang. Diantaranya : 

  1. (Head Stock) : Tuning Pegas, Nut.
  2. (Neck) : Fret, Fret Wire.
  3. (Body) : Table, Soundhole, Strings, Saddle.

Kenali dan pahami setiap fungsi dari semua komponen gitar akustik karena pelajaran tersebut akan sangat berguna.

  • Perhatikan Setelan Senar Pada Gitar

Hal paling pertama yang harus dilakukan saat belajar bermain gitar adalah menyetel senar gitar terlebih dahulu. Penyetelan ini dilakukan agar nada dapat seragam dengan kunci gitar standar. Banyak sekal cara untuk menyetel senar gitar yang baik. Salah satunya adalah menggunakan aplikasi Guitar Tuner pada smartphone.

  • Cermati Tiap Kolom (Fret) Ketika Bermain Gitar

Tips kedua yaitu memperhatkan setiap kolom (Fret) yang ada pada gitar akustik yang kita punya. Gitar akustik pada umumnya memiliki string sebanyak 21 kolom. Setiap kolomnya dibatasi oleh Fret Wire / pembatas yang terbuat dari material besi semi platik. Nada yang ditimbulkanya pun tentu akan berbeda.

  • Mulailah Degan Kunci – Kunci Dasar

Nah, setelah kita tahu tentang setelan senar gitar dan mengetahui nada pada semua bagian fret nya, meka mulailah untuk bermain gitar dengan kunci – kunci gitar dasar. Terdapat beberapa  kunci gitar dasar seperti : C, F, A, D, G, dan E. Kita bisa mencari beberapa sumber ketika mencari kunci gitar. Manfaatkan sumber tersebut sebaik mungkin agar bermain gitar menjadi sangat mudah dan lancar.

  • Pelajari Lagu Yang Mudah Dipahami

Saat pertama kali bermain gitar, pelajari lagu yang mudah dipahami / disukai, hal ini dimaksudkan agar merasa enjoy dan tidak susah saat mencari kunci yang masuk ke dalam musiknya. Beberapa lagu yang mudah dipelajari yaitu : Peterpan – mimpi yang sempurna, lagu bisa dimainkan hanya dengan 4 buah kunci secara berturut – turut ( E, C, G, D).

9+ Review Terbaru Gitar Akustik Terbaik dengan Suara Berkualitas :

  • Ibanez AEG8E-NT

 

Ibanez AEG8E-NTDiurutan pertama gitar akustik terbaik terbaru dari Brand Ibanez yang dilengkapi  beberapa fitur terbaik. Ibanez AEG8E-NT merupakan produk import dari China yang terbuat dari kayu albasia asli yang dikembangkan dan dibudidayakan di perkebunan China. Giitar ini termasuk jenis akustik elektrik yang disukai banyak kalangan. Body nya berwarna coklat asli serat kayu, sedangkan untuk permukaan batang serta fret nya berwarna coklat tua.

Pada bagian dalam dilengkapi komponen tuning machine asli dari Ibanez yang bisa dipadukan bersama  fitur “Chrome Ibanez Smooth Tuner AS“ menghasilkan suara super halus dan lembut. Gitar ini juga dilengkapi Strap button Ibanez. Untuk bahan Fretboard nya terbuat dari kayu rosewood menambah kesan eksotis saat dipakai. Ibanez AEG8E-NT dibendrol seharga Rp. 2.000.000 sampai Rp. 2.500.000 per unit.

  • Ibanez AE 18

Ibanez AE 18

Pada urutan kedua masih dari Brand Ibanez yang merupakan The Next Generation Guitar Acciustic. Ibanez AE 18 hadir untuk memenuhi kebutuhan alat musik di atas panggung. Gitar akustik elektrik ini dilengkapi oleh komponen tuning machine yang bisa diatur pada bagian atas gitar. Bahnaya keseluhuan terbuat dari kayu mahoni berkualitas terbaik, dibalut dalam perpaduan warna hitam dan coklat.

Terdapat  5 buah pengatur nada seperti : tuner bass, middle, treable, nothfret, dan pengatur volume. Gitar ini banyak dipakai oleh para artis papan atas seperti : Ariel, Charly, dan Seventeen saat konser di panggung yang megah. Untuk informasi harga, gitar akustik ini dibendrol dalam kisaran Rp. 2.500.000 sampai Rp. 3.000.000 per unit.

  • Marfill Fcx 870

Marfill Fcx 870

Gitar akustik elektrik yang memaksimalkan fitur suara pada setiap petikan, cocok untuk keperluan festival  kesenian. Marfill Fcx 870 terbuat dari kayu cedar yng awet dan anti rapuh. Dengan warna coklat  pada seluruh permuakaan gitar, membuatnya tampil klasik disegala situasi. Gitar ini memiliki kelebihan pada permukaan fret nya yang lebih luas, sehingga jari akan sangat mudah ketika memainkanya. Pada permuakaan atasnya dibuat lebih datar supaya memudahkan saat dipakai ketika berdiri.

Selain itu, tidak hanya 4 / 5 pengatur suara saja, akan tetapi terdapat 6 sekaligus pengatur suara yag bisa diatur. Yakni : tuner bass, middle, treable, phase, push, dan tombol volume. Setiap suara yang dikeluarkan akan tersengar lebih jelas berkat keenam fitur tersebut. Marfill Fcx 870 dibendrol seharga Rp. 2.000.000 sampai Rp. 2.500.000 per unit.

  • Yamaha Apx 500II

Yamaha Apx 500II

Siapa yang tidak kenal dengan gitar akustik elektrik yang satu ini, gitar unggulan dari Brand Yamaha yang berkualitas. Body Yamaha Apx 500II terbuat dari kayu mahoni, sedangkan untuk batang dan bagian fret nya terbuat dari kayu resewood. Gitar akustik elektrik ini merupakan produk yang sangat disukai banyak anak muda karena memiliki bobot yang ringan dan memiliki desain yang stylish. Terdapat 2 buah pin pada permukaan kiri dan kanan berfungsi untuk menempelkan sabuk gitar.

Tuning machine pada gitar Yamaha seri ini memakai equalizer type 7545r yang dilengkapi hingga 50 jenis efek suara. Dipadukan dengan senar fender asli berkualitas terbaik akan mengeluarkan suara gitar yang sempurna dan nyaring. Yamaha Apx 500II dijual dengan harga pada kisaran Rp. 1.000.000 sampai Rp. 1.500.000 per paketnya, sudah dilengkapi sarung penutup. 

  • Gibson J200 Natural 700Za

Gibson J200 Natural 700Za

Untuk kalian yang para penggemar Brand Gibson, gitar yang satu ini wajib dimiliki. Gibson J200 Natural 700Za merupakan gitar akustik elektrik terbaru dari Brand Gibson yang dilengkapi oleh beberapa fitur terbaru. Desainya sangat fhasionista, terbuat dari kayu maple preminum dalam balutan warna coklat muda dan tua, ditambah stiker berbentuk bunga pada bagian bawah body. Gitar ini cocok untuk kalian yang mengedepankan fhasionable saat tampil di atas panggung.

Garis tengah pada bagaian body belakang berfungsi untuk mengatur tingkat kecembungan dari guitar, agar suaranya tetap standar meski dalam jangka waktu lama. Tuner Machine elektriknya dibuat sangat modern dilengkapi layar selebar 10 inci yang berfungsi menayangkan status tinggi / rendahnya pengaturan nada sesuai kebutuhan. Untuk masalah harga, gitar akustik ini dijual dalam kisaran Rp. 1.500.000 sampai Rp. 2.000.000 per unitnya.

  • Epiphone DR-212

Epiphone DR-212

Gitar 12 senar dan fret hingga 24 kolom yang diracik untuk membuat sebuah instrumen musik secara sempurna dalam satu perangkat musik. Gitar ini cocok sekali saat dipadukan dengan alat musik lain seperti akapela, piano, bass, dan lain – lain. Bobotnya mencapai 8 kg dengan dimensi ukuran panjang : 180 cm, lebar : 35 cm, dan tebal : 0,5 cm.

Morris B30 merupakan produk import asli dari negara Jepang yang terbuat dari kayu korina premium yang menjadi andalan Brand Morris dalam memproduksi berbagai macam jenis gitar unggulan mereka. Meskipun tidak dilengkapi tuner machine, suara gitar dari Morris B30 ini terdengar sangat nyaring. Untuk harga jual dari gitar akustik 12 senar ini adalah Rp3.000.000 sampai Rp. 4.000.000 per unit.

  • Marfill MT5

marfill mt5

Gitar akustik elektrik dengan bentuk unik, terbuat dari kayu mahoni dengan ketebalan mencapai 1 cm. Menariknya, gitar akustik elektrik ini yang tidak memiliki lubang tengah seperti gitar akustik pada umumnya. Lubangnya di buat tepat berada pada bagian atas dan bawah body gitar. Tampilanya sangat exotis menghidupkan warna dari serat kayu membuatnya tampil klasik dan unik saat dipakai.

Marfill MT5 sudah support pada tuner machine ekualizer versi 7545, cocok dipakai untuk mengiringi musik pada sebuah pertunjukan / konser grup musik. Gitar ini menjadi sangat populer saat pertama kali di produksi pada pertengahan tahun 2015. Bahkan beberapa perusahaan telah menobatkanya sebagai produk terbaik kala itu. Harga jual Marfill MT5 yaitu sekitar Rp. 900.000 sampai Rp. 1.400.000 per unit.

  • Cort L100F NS

Cort L100F NS

Brand Cort menjadi perusaan pesaing serius diantara Brand lain. Gitar akustik elektrik ini merupakan produk yang sangat populer saat pertamakali dirilis. Cort L100F NS hadir dengan desain super trendy, terbuat dari kayu resewood yang anti debu dan terlihat sangat keren. Dengan bantuan music tuner equalizer versi  7545, suara gitar terdengar semakin jernih ketika dimainkan dalam keadaan biasa / di sambungkan ke pengeras suara.

Gitar ini betul – betul memperhatikan segi desain dengan sangat detail sehingga menghasilkan produk yang banyak disukai para gitaris  dari berbagai kalangan. Memiliki 2 varian warna yaitu : hitam dan coklat, akan bertambah mengkilap setiap kali di bersihkan. Selain itu, Produk ini di klaim mampu bertahan hingga 10 tahun lebih pemakaian. Gitar akustik elektrik Cort L100F NS dibendrol seharga Rp. 600.000 sampai Rp. 700.000

  • Cowboy GWC235NS

Cowboy GWC235NS

Sebuah Perusahaan yang memproduksi gitar akustik yang unik terbuat dari kayu mapel, cocok menemani dikala waktu santai bersama sahabat, pacar, atau keluarga. Bentuknya hadir dalam desain yang kompak terlihat classik karena memperlihatkan serat kayu secara keseluruhan pada semua bagian gitarnya.

Cowboy GWC235NS merupakan gitar akustik yang laris dipasaran. Mereka telah mencatat penjualan hingga lebih dari 500 produk sejak pertama kali dirilis. Tentunya ini merupakan jumlah yag fantastis. Gitar ini benyak disukai oleh semua kalangan karena memiliki bobot yang sangat ringan, yaitu hanya 3 kg. Untuk informasi harga, gitar akustik ini dijual seharga Rp. 650.000 sampai Rp.700.000 per unit.

  • Gitar Akustik Fender

Gitar Akustik Fender

Gitar akustik biasa dengan harga paling murah, namun kualitarsnya tidak murahan. Gitar Akustik Fender menggabungkan 2 macam kayu terbaik yaitu : mahoni dan rosewood untuk membuat sebuah perangkat gitar akustik bermutu tinggi dalam varian 2 warna : hitam dan putih.

Gitar akustik ini memiliki kelebihan pada neck (pembatas kolom) yang terbuat sari baja. Proses pelekatanyapun di tanam secara konstan dan merkat secara kuat pada bagian batang gitar. Gitar akustik Fender banyak dipakai saat waktu senggang dan di beberapa tempat hiburan. Harga jual gitar akustik Fender yaitu sekitar Rp. 300.000 sampai Rp. 450.000 per unit.

  • Gitar Akustik Legacy F-636CE NA

Gitar Akustik Legacy F-636CE_NA

Gitas akustik elektrik yang ringan dan praktis dibawa kemana saja, cocok di segala kondisi baik itu dirumah, saat hangout, atau dipakai ketika acara festival Band. Gitar akustik Legacy F-636CE NA menggunakan tuning Machine dari ”Die-Cast” yang mempunyai segudang fitur terbaru. Diantaranya yaitu : Tuner bass, treable, middle,dan volume.

Selain itu, gitar ini dilengkapi oleh komponen elektronik bernama “Fishman Isys III System with Active Onboard Preamp and Tuner“ yang berfungsi untuk menjernihkan suara gitar agar lebih enak di dengar. Harga dari gitar akustik Legacy F-636CE NA adalah sekitar Rp. 800.000 sampai Rp. 900.000 per unit.

 

Kesimpulan : Gitar akustik terdapat banyak sekali di pasaran, kita harus pandai – pandai memilih produk terbaik dengan kualitas dan mutu tinggi agar gitar dapat dipakai secara nyaman dan sesuai ekspektasi.