Resep Gulai Ayam Yang Spesial

Anda tahu apa itu gulai? Gulai adalah masakan olahan daging ayam, sapi atau juga kambing yang mengandung kuah dengan bumbu rempah yang khas Indonesia. Sering kita jumpai gulai ayam atau gulai sapi di restoran padang. Yang kita lihat pastinya berwarna merah dan ada kuahnya. Ada yang bersantan juga kuahnya. Nah, gulai ini rasanya sangat lezat dan gurih biasanya. Tidak heran jika gulai enak dimakan dengan nasi hangat. Nah gulai paling sering menggunakan ayam untuk masakan rumahan. Jika anda ingin membuat gulai ayam. Anda tentu harus tahu resepnya. Dikarenakan hanya mengarang saja, belum tentu rasanya enak. Berikut sajian gulai ayam yang spesial.

Gulai Ayam Kuning

Gulai ayam kuning adalah sajian gulai dengan kuah bumbu kuning. kuah bumbu kuning ini tentunya menggunakan kunyit. Selain kunyit, juga menggunakan bahan lainnya. Anda bisa menyiapkan beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat gulai ayam.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat gulai ayam adalah ayam segar 1 kilogram saja. Selanjutnya siapkan serai 2 batang, daun salam 6 lembar, laos 2 cm, jahe 1 sm, kunyit 3 cm, bawang merah 3 siung, bawang putih 2 siung, ketumbar setengah sendok teh, kemiri 8 buah, dan garam. Jangan lupa juga garam, santan kelapa 300 ml dan penyedap rasa ayam.

Cara memasak gulai ayam ini mudah dan praktis. Bersihkan ayamnya di air yang mengalir. Sisihkan dalam wadah. Selanjutnya anda siapkan bumbunya dengan dihaluskan. Jika anda tidak punya blender, anda bisa menggunakan cobek. Ulek hingga halus. Namun ada bumbu yang jangan dihaluskan yaitu daun salam, serai dan laos. Setelah halus anda oseng atau tumis hingga tercium bau wangi. Kemudian masukkan serai, daun salam dan laos. Masukkan juga ayamnya hingga tercapur semua bumbunya. Tambahkan air sekitar 50 ml. kemudian masukkan santan kelapanya. Aduk lagi tambahkan garam dan peneydap rasa ayam sesuai dengan tingkat gurih yang anda rasakan.

Gulai Ayam Kemangi

Gulai ayam yang akan dimasak selanjutnya adalah gulai ayam yang mungkin memiliki perpaduan rasa unik. Rasa unik ini tentunya akan menciptakan rasa yang lezat. Ada tambahan daun kemangi pada gulai ini. Daun kemangi akan membuat masakan semakin enak karena punya aroma yang kuat.

Bahan-bahan dibutuhkan adalah ayam 1.5 kg, kemangi 1 ikat, bawang merah 6 siung, bawang putih 2 siung, cabe merah keriting 5 buah, kunyit 1 ruas saja, kemiri 6 siung, jahe 1 ruas saja, laos 1 ruas saja dan garam. Anda bisa membeli kaldu sehat yaitu kaldu jamur bubuk. Beli juga santan kelapa bubuk sachet 1 buah atau santak cair 1 kotak.

Cara membuat gulai ayam kemangi ini adalah dengan menghaluskan semua bumbu yang ada dengan blender bumbu agar sangat halus hasilnya. Selanjutnya tumis bumbunya hingga betu-betul wangi. Setelah wangi. Masukkan air sedikit saja, dan ayamnya cemplungkang. Tambahkan air lagi sedikit. Setelah itu anda beri santannya ke masakan. Aduk-aduk lagi dengan sambil menaruhkan kaldu dan garamnya. Terakhir anda masukkan daun kemanginya. Tunggu sampai matang.

Resep gulai ayam sudah, sekarang tinggal anda membuat sayuran pendamping. Anda bisa memilih tumis kangkung atau juga tumis sawi. Selain itu juga anda bisa memilih daun kol rebus atau juga makan dengan timun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *