Merk Pipa PVC Terbaik Untuk Berkebun Hidroponik?

Agar berkebun hidroponik bisa lebih optimal maka pipa PVC yang digunakan haruslah pipa SNI. Apalagi jika dilihat dari keunggulannya, pipa PVC ini memang sangat cocok jika dimanfaatkan sebagai media berkebun dengan cara hidroponik ini.

Tidak bisa dipungkiri jika hidroponik kini menjadi cara menaman tanaman yang sedang naik daun. Apalagi di daerah perkotaan. Cara hidroponik ini banyak dipilih karena menanam tumbuhan tidak lagi butuh tanah dan lahan yang luas.

Artinya dengan cara hidroponik ini Anda tidak akan lagi dipusingkan dengan dimana akan berkebun. Sebab lahan sempit pun bisa dimanfaatkan untuk berkebun dengan cara hidroponik.  Dan agar hasil kebun Anda bisa lebih optimal, memanfaatkan media pralon PVC bisa menjadi alternatif utamanya.

Tipe Pipa PVC Untuk Berkebun Hidroponik

Secara umum kegunaan pipa PVC  ini yang cocok dimanfaatkan sebagai media berkebun hidroponik adalah pPVC tipe AW dan D. Kemudian jika dilihat dari harganya, untuk yang tipe AW ini umumnya lebih mahal dari tipe D. Sebab secara ketebalan juga lebih tebal dan secara kualitas juga lebih bagus.

Dikarenakan pralon ini akan diaplikasikan di outdoor dan setiap hari dan akan terkena sinar matahari secara langsung, maka memilih pipa PVC SNI dengan tipe AW adalah pilihan terbaiknya. Meskipun tidak bisa dinafikan juga jika paralon PVC tipe D juga memiliki tingkat keawetan yang cukup bagus.

Yang terpenting adalah jangan memilih paralon PVC yang tipe E. Pasalnya tipe E ini selain secara kelas di bawah tipe D. Begitupun juga jika dilihat dari segi kualitasnya. Meskipun demikian, baik tipe AW maupun tipe D yang nantinya Anda pilih, pastikan pipa tersebut adalah pipa SNI.

Ukuran Pipa PVC Untuk Berkebun Hidroponik

Sebenarnya semua ukuran pipa PVC bisa digunakan sebagai media berkebun hidroponik. Artinya kembali lagi ke kebutuhan atau konsep kebun hidroponik yang ingin Anda buat nantinya. Namun untuk kebutuhan hidroponik NFT dan DFT yang didesain vertikal, rata-rata pipa PVC yang digunakan mulai dari ukuran 2,5 sampai dengan 3 inci.

Sementara itu untuk pipa PVC ukuran 4 ke atas umumnya dimanfaatkan untuk membuat tower hidroponik. Pasalnya jika dipaksakan untuk dijadikan sebagai instalasi hidroponik horizontal takutnya air tidak bisa naik ke rockwool. Apalagi jika di daerah-daerah yang terkenal bersuhu panas.

Dari ulasan singkat di atas bisa diambil kesimpulan jika pipa PVC adalah salah satu pipa terbaik untuk dijadikan media berkebun hidroponik. Dan dikarenakan pipa PVC berada di outdoor dan akan terkena sinar matahari secara langsung maka pilihlah pipa SNI seperti pipa Rucika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *