Kursi Tamu Jati Tetap Mengkilap dengan 6 Tips Ini

Furniture Jepara dengan bahan jati memang memiliki keunggulan yaitu tampilan mengkilap yang membuatnya jadi terlihat mewah dan elegan. Selain perawatannya tidak boleh sembarangan bahan kayu jati juga harus dibersihkan dengan teknik khusus.

Salah satu perabotan dari kayu jati yang biasanya dimiliki orang-orang di rumah adalah kursi tamu jati. Kursi tamu tentu diletakkan berada di ruang tamu, hal ini biasanya membuat kursi rentan akan debu dan kotoran yang menempel. Jika sudah begini maka anda harus segera membersihkan kursi jangan sampai ditunda. Bagaimana cara efektif membersihkan kursi tamu? Simak berikut ini!

1. Biji Kemiri

Untuk membersihkan kursi tamu jati Anda bisa menggunakan biji kemiri. Kalau biasanya biji kemiri digunakan untuk menghitamkan rambut dan perawatan rambut lainnya maka biji buah kemiri ini bisa juga digunakan untuk merawat furniture dari kayu jati. caranya dengan membakar 5 biji kemiri hingga minyaknya keluar lalu biji kemiri yang telah dibakar dibungkus dengan kain kasa dihancurkan dengan cara dipukul atau di tumbuk.

Setelah itu gosokan biji kemiri yang telah dibungkus tadi ke kursi tamu. anda akan mendapatkan hasil yang sempurna karena kursi tamu jati bisa mengkilap seperti baru lagi.

2. Tepung Sagu

Selain biji kemiri anda juga bisa menggunakan tepung sagu atau tepung kanji dan tepung maizena. Caranya cukup mudah yaitu dengan menaburkan tepung sagu atau tepung kanji ini ke kursi tamu yang kotor penuh dengan bekas telapak tangan. Setelah itu gosok secara merata hingga kursi kelihatan lebih bersih dan mengkilap.

3. Air Teh Basi

Ternyata air teh yang sudah menginap semalam alias telah basi bisa digunakan untuk membersihkan furniture Jepara milik anda. caranya cukup simpel yaitu celupkan kain ke dalam air teh yang telah basi lalu oleskan ke bagian bagian kayu ataupun ukiran di kursi tamu jati milik anda.

4. Air Cuka

Sementara untuk air cuka lakukan percampuran seperempat cangkir cuka dengan 1 cangkir minyak zaitun. Nah Anda bisa memoles furniture dengan larutan ini.

Jika tidak memiliki minyak zaitun maka anda bisa mencampurkan cuka dengan air saja dengan takaran 2 :1 sendok. Gunakan spons lalu celupkan ke larutan lalu oleskan pada bagian kursi yang terdapat noda. Jangan lupa untuk mengelap kembali kursi dengan kain kering setelah mengoleskan larutan-larutan diatas serta beri pewarna atau pelitur furniture kembali.

5. Pasta Gigi

Anda bisa membersihkan noda air yang membandel pada kursi tamu jati dengan menggunakan pasta gigi. Oleskan pasta gigi di kain yang sudah dibasahi air lalu gosokkan ke permukaan noda yang membandel tersebut. Selain pasta gigi Anda juga bisa menggunakan washing soda yang bisa dibeli di toko bahan kimia. Setelah itu gosokkan washing soda dengan menggunakan gabus.

6. Minyak Goreng

Minyak goreng ternyata sangat berguna untuk membersihkan kotoran yang ada di kursi tamu berbahan jati. Anda bisa menggunakan minyak goreng untuk menghilangkan bekas stiker yang menempel. Caranya dengan atas kan sedikit minyak goreng pada bagian stiker lalu tunggu hingga meresap. Setelah itu gosok menggunakan kain lembut dan ulangi sampai stiker terlepas dan nodanya hilang.

Minyak goreng bisa juga digunakan pada noda putih yang ada di furniture Jepara. Caranya dengan mencampurkan minyak goreng dengan abu rokok lalu oleskan pada kain dan gosokkan kain tersebut pada bagian yang terkena noda. Selain menggunakan kain Anda juga bisa menggunakan gabus.

Demikian beberapa cara untuk membersihkan kursi tamu jati. Baik noda yang membandel maupun noda ringan. Untuk pembelian kursi tamu dengan bahan jati anda bisa mempercayakan pada galenafurniture.com. toko online furniture ini menjual berbagai model kursi tamu dengan berbagai ukiran. Selain itu terdapat pula beragam furniture lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *