5 Keuntungan Reksadana yang Tidak Dimiliki Instrumen Investasi Lainnya

Akan ada saat ketika anda memikirkan bahwa harta yang kamu miliki perlu untuk dikembangkan demi memenuhi kebutuhan yang tidak ada habisnya namun kegiatan anda cukup padat. Jalan yang mungkin anda tempuh dalam kondisi tersebut adalah melakukan investasi. Sebelum anda menentukan untuk berinvestasi oleh sebuah perusahaan maupun lembaga, anda diharuskan untuk mencari info sebanyak-banyaknya terkait beberapa lembaga guna memilih lembaga yang paling bisa anda percaya dan andalkan.

Reksadana merupakan salah satu wadah yang bagus untuk anda berinvestasi karena dapat dipercaya. Hal tersebut dibuktikan juga dengan adanya undang-undang yang menjadi pedoman di dalamnya. selain itu, berikut merupakan lima keuntungan lain yang bisa anda peroleh dalam wadah tersebut

  1. Biaya awal rendah dengan untung yang maksimal

Faktor utama yang menyebabkan wadah ini lebih baik adalah biaya awal yang ditetapkan tergolong sangat murah. Anda diperkenankan untuk melakukan investasi mulai dari Rp 10.000. Tidak sampai titik itu saja, dengan uang sejumlah tersebut anda juga sudah bisa merasakan manfaat dari investasi yang anda letakkan.

Meski modal yang ditetapkan begitu minim, bukan berarti tingkat keuntungan yang akan didapatkan juga minim. Rata-rata investor wadah ini memperoleh keuntungan sampai 20% dalam waktu satu tahun. Meski demikian, waktu dan lain sebagainya juga bergantung pada jenis Reksadana yang digunakan oleh investor.

  • Bisa dengan mudah untuk dikelola

Waktu serta pengetahuan yang terbatas terkait analisis investasi tidak menjadi masalah dalam wadah investasi ini. Dana atau modal yang anda berikan selanjutnya akan diolah secara penuh oleh Manajer Investasi atau MI yang sudah profesional serta telah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

  • Keamanan investasi lebih terjamin

Dana investasi anda dalam wadah ini akan diletakkan pada bank khusus yang disebut dengan bank Kustodian. Meskipun manajer investasi yang melakukan pengelolaan uang, pada dasarnya ia tidak memegang uang anda. Uang anda akan aman di dalam bank. Dengan begitu, sangat kecil kemungkinan uang anda akan dibawa kabur sehingga anda tidak perlu khawatir.

  • Sistem investasi berbasis online

Mayoritas sistem investasi dalam wadah ini bisa diakses secara online sehingga anda dapat memeriksa semua data anda dengan mudah melalui laptop dan smartphone. Anda bisa memonitor investasi anda ketika sedang jalan-jalan di luar rumah, menjelang tidur, dan lain sebagainya.

  • Transparan

Salah satu keuntungan Reksadana yang paling penting adalah anda bisa secara mudah serta jelas dalam memantau segala informasi perkembangan portofolio maupun biaya investasi anda secara terus menerus. Anda juga dapat memonitor keuntungan yang sudah anda dapatkan dari investasi yang anda lakukan. Meski demikian, penting untuk diketahui bahwa semua jalan memiliki risikonya masing-masing sehingga anda bisa terus berhati-hati dan waspada terhadap segala kemungkinan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *