3 Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Webcam

Seiring dengan perkembangan dunia teknologi, perangkat kamera rupanya juga ikut berevolusi menjadi lebih baik. Salah satu bentuk dari perkembangan kamera adalah dengan terciptanya webcam. Beraneka pilihan webcam hadir memenuhi kebutuhan pasar, beragam inovasi terus ditingkatkan begitu pula dengan Webcam Logitech.

Anda yang menyukai dunia fotografi dan videografi tentu membutuhkan webcam yang mumpuni. Beruntung saat ini banyak produk webcam yang dipasarkan, hanya saja setiap mereknya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi pastikan Anda juga selektif dalam memilihnya.

Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Webcam

Memilih webcam tidak boleh asal, selain menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget, beberapa hal di bawah ini juga penting diperhatikan dalam memilih webcam. Check this out.

Resolusi yang dimiliki

Resolusi menjadi faktor utama dalam memilih webcam, semakin besar angka menunjukkan bahwa resolusi webcam tersebut semakin baik. Semakin tinggi tingkat resolusi pada webcam, maka gambar yang dihasilkan juga akan lebih jelas. Resolusi webcam secara umum biasanya 1.3 megapixel untuk gambar dan 320 x 240 pixel untuk video.

Jika menginginkan yang lebih bagus lagi, Anda bisa memilih webcam yang memiliki resolusi 2 megapixel untuk gambar dan 640 x 480 pixel untuk video. Seiring perkembangan kamera, resolusi juga berkembang semakin baik. Kini resolusi webcam bahkan mencapai angka 1080p, seperti yang digunakan pada Webcam Logitech. Jangan mudah tergiur webcam dengan harga miring, perhatikan baik-baik resolusi webcam yang akan Anda beli.

Lensa dan sensor dalam mengambil gambar

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah lensa dan sensor yang ada pada webcam. Webcam dengan harga murah biasanya memiliki lensa fixed atau lensa yang fokus kameranya tidak dapat diubah dan biasanya terbuat dari bahan plastik. Jika lensa fixed tidak sesuai dengan kebutuhan Anda dalam menggunakan webcam, maka pilih lensa webcam yang fokusnya dapat diatur.

Sensor juga menjadi komponen penting dalam memilih webcam, pasalnya sensor inilah yang berperan untuk mengubah cahaya menjadi gambar digital. Terdapat 2 sensor yang ada pada webcam, yaitu CCD dan CMOS. Tidak diketahui pasti perbedaan diantara keduanya, yang dapat dipastikan adalah sensor CCD memiliki sensitivitas cahaya yang tinggi, sehingga akan menghasilkan kualitas video yang lebih baik.

Kecepatan dalam pengambilan frame

Poin ketiga ini berhubungan dengan resolusi, semakin besar kecepatan pengambilan frame dari sebuah webcam, maka semakin baik hasil rekaman yang didapatkan. Jika Anda menggunakan webcam sebagai alat komunikasi seperti video call saja, maka disarankan memilih webcam dengan resolusi minimal 15 atau 30 fps (frame per second). Karena pada kecepatan 15 fps, meski tidak terlalu maksimal, video yang dihasilkan akan tetap enak untuk dilihat dan tidak terlalu jelek.

Jika kebutuhan Anda lebih dari sekedar komunikasi saja, webcam dengan fps 50 atau 120 dapat menjadi pilihan. Tentu pahami terlebih dahulu kebutuhan Anda agar tidak salah dalam memilih webcam. 

Keberadaan perangkat tambahan yang berfungsi dalam mengambil gambar dan mengkonversikannya dalam bentuk digital ini cukup penting. Oleh karenanya, harus mengerti terlebih dahulu hal-hal apa saja yang penting dalam memilih webcam.

Semakin banyak merek webcam berlomba untuk berinovasi menjadi yang terbaik, salah satunya Webcam Logitech. Langkah pertama sebelum memilih adalah kenali kebutuhan Anda dalam menggunakan webcam, apakah Anda menggunakan webcam hanya sebagai media komunikasi atau mungkin digunakan sebagai alat pemantauan. Dengan begitu dapat meminimalisir hal yang tidak diinginkan dan memaksimalkan kinerja Anda.

Semoga informasi di atas dapat membantu Anda yang tengah berencana membeli webcam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *